Belajar Cara membuat Cas Aki

Posted by

Cas Aki untuk Keperluan Rumah atau Bengkel

Para biker pro, bengkel bengkel sepeda motor maupun mobil, siswa siswa STM Elektro praktikum atau penghobby elektronika biasanya langsung kenal dengan peralatan cas aki (sebutan aslinya accu charger). Cas aki atau charger accu. Komponen dasar pembuatan charger accu adalah dioda, baik menggunakan satu dioda, dua buah dioda atau anda dapat membuat charger accu menggunakan dioda kiprok. Selain itu komponen utama lainnya adalah Transformator atau trafo sebagai penurun tegangan listrik, kita bisa membuat cas aki menggunakan trafo CT maupun non CT.

Sebenarnya cas aki  banyak yang sudah jadi atau siap pakai dijual di toko toko elektronik, namun tentunya harga lumayan mahal.  Dengan membuat sendiri cas aki tentunya lebih hemat dan menambah pengetahuan, jika anda siap langsung saja dipraktekan. Sebenarnya kita bisa saja membuat Cas aki dari Adaptor hanya saja untuk ukuran aki motor perlu ampere adaptor  rata-rata 3 s.d 5 Ampere, nah jika mempunyai adaptor dengan Trafo 5 Ampere anda bisa saja memodifikasi Adaptor menjadi Cas aki, hanya saja anda harus berani bongkar sedikit rangkaiannya, jangan menggunaan keluaran adaptor langsung untuk mengecas aki tersebut karena output dari adaptor biasanya sudah mendekati arus rata (DC) dengan tegangan yang hampir sama dengan Aki, pada dasarnya bisa namun sangat lambat ketika mengisi aki motor anda. Nah caranya bongkar Adaptor dan ambil tegangan positif nya setelah Dioda Bridge atau dioda Kiprok nya, Namun anda harus memastikan Tegangannya tidak melebihi 18 Volt.

Baca Juga : Modifikasi Listrik Alternator Mobil
                  Mengubah Tegangan Aki Menjadi Listrik 220V

Membuat cas aki untuk aki bertegangan 12 Volt :
1. Transformator (Trafo) CT 15 V / 5-10 Ampere (semakin besar semakin bagus) 
2. Dioda type 6A10 (6 Ampere) 2 buah atau yang  3 Ampere juga boleh.
3. Elektrolit Kondensator (Elko) ukuran 2200uf /25V 
4. Ampere Meter  0-15 Ampere
5. Fuse 5 Ampere serta rumah fuse (sekering) nya
6. Kabel tunggal serabut (warna Merah, Hitam dan biru)
7. Jepitan aki kecil atau sedang 1 pasang.

Peralatan Kerja :
1. Solder dan timah solder.
2. Tang Potong

Cara merakitnya lihat skema berikut :

RANGKAIAN CAS AKI
(mohon koreksi) tegangan Sekunder, seharusnya 15V

dirakit seperti ini :
Cas Aki (accu charger) pakai Travo CT
Jika memiliki trafo tanpa CT dapat dirakit menggunakan Diode Bridge (Kiprok) misalnya 35 ampere. seperti gambar dibawah ini
Skema Cas Aki sederhana

Pengetahuan dasar tentang Cas Aki


Maksud dari mengecas Aki  prinsipnya hanya membersihkan pelat aki dari sulfation dengan cara memasukan arus listrik agar pelat aki bersih kembali bukan mengisi arus atau tegangan kedalam aki (itu prinsip/teorinya). Bahwa tegangan dari cas aki tidak boleh dibawah atau sama dengan tegangan aki itu sendiri, tegangan keluaran dari cas aki harus lebih besar dari tegangan akinya agar arus dapat mengalir ke aki dan terjadi proses charging, contoh aki 12Volt harus dicas menggunakan cas aki dengan tegangan diatas 12Volt, biasanya keluaran dari cas aki dapat diatur menggunakan switch pengaturan keluaran tegangan, tetapi dalam hal ini anda dapat menetapkannya langsung dari 13Volt s/d  13,8 Volt.

Untuk mengetahui aki tersebut sudah terisi penuh dapat anda lihat dari pergerakan ampere meter, jika sudah mendekati penuh biasanya jarum penunjuk ampere akan mendekati 0. 
Dalam merakit cas aki ini harus hati hati jangan sampai pengkabelannya ada yang bersentuhan satu sama lain dan kabenyal terbungkus dengan aman.

Merakit cas ini boleh di atas wadah kayu / papan yang di potong dengan ukuran 10 x 15 cm, komponen nya dapat di lekatkan menggunakan lem kayu atau sejenisnya. Untuk trafo bisa langsung dipaku pada papan tersebut, gunakan solder dan timah solder untuk melakukan penyambungan antar komponen dan kabel,  Kemudian setelah selesai dapat ditempel di dinding dan aman dari jangkauan anak anak.

Hindari untuk tidak terlalu lama mengetes arus keluar cas dengan menyentuh nyentuhkan jepitan aki (+) dan (-) cukup singkat saja cukup dengan melihat percikan apinya, sebab jika terlalu lama dapat menyebabkan komponen seperti Trafo, diode atau fuse  putus.

Sebagai Referensi Charger lainnya dapat dilihat di CARA MEMBUAT CHARGER ACCU SEDERHANA, Anda Juga dapat membuat Cas Aki Otomatis (Auto Accu Charger) yang dapat berhenti sendiri saat aki sudah terisi penuh dengan membaca artikel Membuat Cas Aki Otomatis (Fast Charge) semoga bermanfaat. 


Blog, Updated at: Sabtu, September 13, 2014

36 komentar:

  1. Balasan
    1. Ada gan, seperti yang saya update di artikel ini, cukup menggunakan dioda bridge (kiprok) atau cukup menggunakan 2 buah diode pada trafo ct.

      Padam
  2. Kalau pakai trafo 350mA bise kagak

    BalasPadam
  3. Kalau pakai trafo 350mA bise kagak

    BalasPadam
  4. bro it harga travo 5A hargax brapaan ya.

    BalasPadam
  5. Mas Bayu ke toko elektronik aja, langsung tanya penjualnya, solanya harga bisa bermacam2 tergantung kualitas dan lokasi mas Bayu, makasih

    BalasPadam
  6. ohh iya makasih.
    n bro klo travox ukuran amperx bsa smpe 5 amper keataskan....tpii yg pnting voltx tdk smpe ngeletin 15V kan bro.

    BalasPadam
  7. ohh iya makasih.
    n bro klo travox ukuran amperx bsa smpe 5 amper keataskan....tpii yg pnting voltx tdk smpe ngeletin 15V kan bro.

    BalasPadam
  8. ohhh iya mas klo ini bsa buat ngecas aki mobil ngk.
    soalx aku maw ngebuat cas multiguna giti mas.
    hehehehe sory baxk cakap mas.

    BalasPadam
  9. Kalau mau ditambah kipas DC atau AC bagaimana? Terima kasih

    BalasPadam
  10. bro numpang tax lgii ya....ini amperx bsa di atas 10A ngk....n volt brpa bro....mksih maaf baxk nanya soalx newbi n otodidak bro...hehehe.

    BalasPadam
  11. bonaventura...kipas dcx yg brpa volt dlu.

    BalasPadam
  12. Mas Bayu dan mas lainnya, semakin besar ampere makin bagus, bener yang penting perhatikan tegangannya, naikin 1 s/d 3 volt saja dari tegangan aki (12v) usahakan dibawah 14 volt, nah jika punya trafo dengan ampere besar pasti lebih cepat casnya.... diodanya juga di sesuaikan jangan pakai trafo gede2 tapi pakai dioda yang 1 atau 2 Ampere..ntar diodanya yang jebol, heheh

    BalasPadam
  13. Lebih baik lagi setelah jepitan cas di pasang ke kepala aki gunakan multitester (avometer) untuk mengetahui berapa tegangan casnya

    BalasPadam
  14. mksih atas infox mas....n intix amper smakin bsar smkin bagus tpii voltx ngk bleh di 13V kan...n dioda minimal yg 3 amper kan....btul ngk dgn jwaban sya ini mas nardito

    BalasPadam
  15. Mas Bonaventura jika mau ditambah kipas AC, ambil langsung dari tegangan primer Trafo (220V AC) tapi jika kipasnya DC, bisa ambil tegangan dari Sekunder trafo kemudian ditambah dioda dan Kapasitor, ingat keluarannya harus mendekati tegangan kipas. OK Thanks

    BalasPadam
  16. Jadi Mas Bonaventura bisa buat 2 alat sekaligus yaitu Cas aki dan power supply untuk kipas dan lainnya dalam 1 trafo.

    BalasPadam
  17. Iya mas Bonaven, tapi kalau bisa cari dioda yang gede dikitlah kalau untuk aki baik aki motor maupun aki mobil... apalagi untuk mobil ..pakai dioda Kiprok (bridge Diode) aja biar ga susah nyari ampere nya.. thanks

    BalasPadam
  18. tpi ntuk smntara ini sya msih make dioda yg 6A aja dlu kan msih thap prcobaan mas.
    iya ngk papa salah nyebut nmax jga manusia psti tak luput dari kesalahan mas...hehhee
    kaxk ustad aja sya mas....hahahaha.

    BalasPadam
  19. Oke Mas Bayu, dicoba aja, simple aja kok buatnya, ga perlu kursus segala, hati2 kesetrum ya...hehe, itu ampere meter di coba aja sekalian agar kliatan cara kerjanya. Salam

    BalasPadam
  20. itu ampere meterx ngk prlu di modif dlu ya bro.

    BalasPadam
  21. cari ampr meter yg kisaran ampere nya 0- 5A aja

    BalasPadam
  22. bro ada pin bb,fb ato nmor tlpon ngk...soalx sya msih pngen tuntunan dri mas bro gitu....hehehe.

    BalasPadam
  23. bro alhamdulilah cas aki buatanq jga sdah jdii.
    mksih ya atas tuntunan bro.
    tpii di ampere meter sya ngk ksih resitor bro.
    ap ngk papa tu ampere meterx ngk pke resitor tlong infox bro.

    BalasPadam
  24. Mas Bayu, Ampere meternya ga apa2,
    Mas Yusufsandys iya mas iya...ada apa panggil panggil..hehe

    BalasPadam
  25. mas bro kira2 travo merk apa ya yang baik mahal tapi awet dikelasnya,dari pada murah tapi belinya bolak balik

    BalasPadam
  26. mas iwan, merek pilihan relatif, coba cara sederhana saja, dengan mengukur berat trafo anda bisa membandingkan dengan berbagai merk dengan berat trafo, kedua adalah jika di berikan tegangan masukan (220vac)tanpa diberikan beban harusnya tidak langsung menjadi panas, atau cara ketiga test dengan arus maksimal trafo (dengan beban maksimal) panasnya tetap normal dan tegangan pada load tidak turun lebih dari 5%.

    BalasPadam
  27. Bro nandito sdah 2 kali sya ngasihin resitor ttap aja resitorx jebol...apa ngk papa ya klo resitorx di hilangin aja bro.

    BalasPadam
  28. 5A era ct 350an
    5a era 0v 250an
    5a big ct 200an
    5a big 0v 150an

    BalasPadam

Komentar anda segera ditanggapi, Terima kasih sudah berkunjung