Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Sabtu, September 13, 2014

Cara Membuat Power Supply PC menjadi Power Supply serbaguna

Sangat banyak power supply yang beredar di toko elektronik, dan dapat langsung anda dibeli, atau jika anda berbakat merakit komponen elektronika maka bukan hal yang sulit bagi anda untuk mencipta sebuah power supply yang sesuai dengan kebutuhan yaitu dengan memodifikasi power suplay komputer menjadi power supply serba guna.
psu sudah jadi

Ada keistimewaan tertentu dari PSU PC, adalah Efesiensi dan Kualitas daya yang dikeluarkannya sehingga bagus untuk digunakan diberbagaimacam keperluan, berbeda dengan PSU konvensional yang biasanya memerlukan sebuah transformator step down, kualitas Transformator yang biasanya dijual belum tentu  sesuai dengan apa yang tertera dilabelnya.
Membuang rasa penasaran anda maka perlu anda ketahui ada beberapa tegangan keluaran PSU PC.
+3.3 Volt : 12A (Orange) +5 Volt : 30A (Merah) +12 Volt : 15A(Kuning)
Ground (-) : Warna hitam
pin psu

hubungkan hitam dan hijau

ketiga tegangan tersebut pasti berbeda warna di pengkabelannya, cari kabel yang berwarna sama satukan dan hubungkan ke panel depan, misalnya pada panel +3.3V kita pasangkan dengan semua kabel Orange, +5V diambil dari kabel-kabel warna merah dan +12V dari kabel-kabel berwarna kuning. Hati-hati pada saat bekerja lepas terlebih dahulu kabel jala-jala Listriknya. admin tidak bertangung jawab jika terjadi kecelakaan kejutan listrik, atau serahkan saja ke ahlinya.
dengan membuat 3 buah panel tegangan di casing depan PSU lalu hubungkan masing-masing panel dengan masing masing tegangan yang tersedia seperti di atas,  dan saya rasa tidak perlu membuat panel (-) terlalu banyak cukup satu untuk 3 buah tegangan keluaran tersebut. cukup dimengerti bukan?.
untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut (panel yg dibuat banyak dengan fasilitas terminal tegangan (-) juga ) :
Ingat !!!, pada saat anda merakit sebuah panel dan menghubungkan kabel ke panel depan seperti gambar di atas, hati-hati jangan sampai ada kebocoran kabel (serabut kabel nyasar) mengenai  casing atau terminal lainnya, karna akan menyebabkan kerusakan pada pSU tersebut. Maka untuk hasil yang optimal gunakan AVO meter, dengan mengarahkan switch  AVO ke bagian Ohm meter, lalu anda dapat melakukan test untuk mengetahui apakah kabel panel short dengan body casingnya, Jika yakin tidak short maka dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya.  gunakan solder agar lebih rapi.
Jangan Lupa untuk membuat tombol Power ON di panel depan PSU PC anda dapat diambil dengan petunjuk seperti gambar di bawah ini :
Dengan menggabung kabel Hijau (PSUtest) dengan Hitam (Ground) maka PSU PC dapat beroperasi.

Untuk mendapat tegangan yang konstan (kontinu) hubungkan kabel warna abu-abu dengan kabel merah (+5V). Jika tidak PSU yang kamu buat tidak akan berfungsi.

1 komentar:

menarik nii ntuk di coba,,,kebetulan di rumah ada psu ngangur.

Komentar anda segera ditanggapi, Terima kasih sudah berkunjung

Back To Top