Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Sabtu, September 13, 2014

Memperbaiki PC tidak bisa booting

Led Power Komputer PC hanya berkedip

Ketika PC dihidupkan led power nya hanya berkedip tidak bisa masuk ke windows penyebabnya bermacam-macam, salah satunya karena tidak ada tegangan dari Power Supply, atau tiba tiba mati karena crash (bentrok) pada hardware atau sistem komputer tersebut. Dari sekian banyak informasi kerusakan komputer yang bisa anda cari di artikel blog ini, kita fokus dulu pada masalah PC menyala namun monitor hanya berkedip kedip (layar blank) saat booting atau tidak ada respon di monitornya.

Kasus PC tidak bisa booting sering terjadi ketika kita mencoba membuka "isi perut" komputer dgn maksud untuk membesihkan debu dalam PC seperti memory, Processor dan komponen lainnya, namun apa dikata setelah dipasang ulang eh malah tidak bisa booting, tidak ada bip sound dan tidak dapat membuka Bios padahal Fan Processor berputar normal

Cara memperbaiki PC yang LED power hanya berkedip-kedip 

Langsung sama-sama kita bahas Cara memperbaiki PC yang LED power hanya berkedip-kedip mudah-mudahan masalahnya bisa selesai :
  1. Lepaskan Kabel Power (Jala jala Listrik)
  2. Buka sekrup motherboard dan lepaskan semua kabel kabel yang menempel dengan hati-hati.
  3. Periksa semua komponen dengan seksama, anda juga boleh membuka processor untuk membersihkan debu disekitar pinggiran processor tersebut (tidak dianjurkan melepas processor).
  4. Seharusnya komponen seperti Elko (elektolit kondenser), fisiknya masih normal tidak menggelembung atau seperti mau meledak (sama persis dengan batery HP kalau udah rusak/soak) . Biasanya para montir selalu mengganti komponen ini karena sering dicurigai rusak, 
  5. Ganti Battery Bios, biasanya jika PC sudah dipakai menahun kemungkinan daya-nya habis.
  6. Ambil kertas rokok yang berlapis aluminium foil atau sejenisnya kemudian coba anda tempel secara merata di bagian belakang Motherboard pastikan bagian foil aluminiumnya yang ditempel tempelkan merata terutama dimana pada bagian IC  termasuk prosecessornya ( harap Battery jangan dipasang dulu).
  7. Bersihkan debu yang menempel di setiap komponen dan PCB motherboar dengan kuas lembut (agar komponen kecil tidak berubah dudukannya). Pastikan bulu kuas tidak ada yang menempel di setiap permukaan atau celah komponen terutama di bagian slot slot processor dan Memory RAM. Lebih mudah dan aman menggunakan air compressor bertekanan tinggi.
Jika yakin sudah bersih, pasang kembali kabel kabel, battery cmos dan processornya...... Ingat jangan sampai seperti pengembara hutan yang tersesat karena ga bawa GPS, maka yakinkan anda untuk mengingat setiap bagian yang sudah dilepas dan bisa mengembalikan ke posisi semula, jika perlu untuk bagian- bagian tertentu yang anda anggap sulit dapat di foto pakai HP buat jaga-jaga, contoh : posisi jumper Cmos, Kabel USB, Kabel Power dll.

Ingat....yang terakhir dipasang adalah Kabel Power (Listrik) yaitu kebalikan pada saat pertama bongkar/melepas (pada saat bongkar yang dilepas kabel listriknya dahulu).

saat pengetesan, Motherboard tidak harus dipasang di casing anda bisa meletakkankan di alas kertas tebal atau semacamnya yang penting tidak terbuat dari bahan penghantar seperti plat aluminium atau besi, dan jauhkan dari benda benda penghantar seperti obeng, tang, atau benda lainnya yang sifatnya sama, lebih amannya gunakan alas koran kering atau kertas kardus sebagai alas motherboardnya..

Setelah yakin benar kemudian memasang semua kabel utamanya :
  1. Kabel power/psu ATX 24 pin dan 4 pin,
  2. Kabel Fan
  3. Kabel Speaker bip/bios,
  4. Keyboard,
  5. VGA Monitor,
  6. Kabel power start
yang lainnya seperti kabel usb, reset, led,  memory RAM, Hardisk sementara jangan dulu dipasang, ingat kasusnya hanya pada bios yang tidak respon kelayar monitor alias monitor blinks/blank atau led nya kedap kedip.

Setelah dinyalakan mudah mudahan ada tampilan initial Bios dilayar monitor anda, seperti gambar dibawah ini :

bios booting

Komentar anda segera ditanggapi, Terima kasih sudah berkunjung

Back To Top