Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

loading...

Jumat, September 05, 2014

Cara Memasang Kabel Arde

Sobat pecinta kreasi, seperti yang telah dijelaskan di artikel terdahulu yaitu Belajar Instalasi Listrik rumah maka untuk melengkapi pengetahuan mengenai instalasi kabel listrik didalam rumah anda berikut akan saya jelaskan mengenai cara memasang kabel arde listrik di dalam rumah.

Pemasangan listrik sekarang ini kebanyakan tidak dilengkapi dengan kabel ardhe atau pentanahan, padahal kabel ardhe dalam instalasi listrik sangat penting untuk kenyamanan pengguna didalam rumah, salah satunya adalah untuk menghilangkan kejutan kecil dari peralatan elektronik seperti Mesin cuci atau kulkas bahkan perangkat komputer anda. Acessories Kabel dari peralatan elektronik yang menggunakan jenis kabel ardhe atau yang bukan jenis ardhe seperti gambar berikut :

steker listrik


Adanya fasilitas arde pada kabel arde berfungsi ketika kabel tersebut di pasangkan pada stop kontak jenis arde maka rumah/cashing dari peralatan elektronik akan terhubung langsung ke arde atau bumi sehingga muatan listrik daya kecil yang ada di cashing/body perangkat akan langsung hilang.

Saya rasa tidak perlu kita membahas mengapa instalatir PLN tidak lagi membuat pengkabelan Ardhe pada meteran barunya. Namun anda tidak perlu khawatir sebab anda sendiri dapat membuat dan merakit kabel tersebut dengan sangat mudah, yang terpenting adalah anda harus bekerja sesuai dengan petunjuk keselamatan seperti yang sudah dijelaskan pada artikel terdahulu.

Cara sederhana membuat kabel ardhe sebagai berikut, Bahan-bahan dan alat :
  1. Kabel tunggal berwarna kuning (dapat anda beli di toko alat listrik).
  2. Obeng
  3. Tang potong atau tang jepit yang baik
  4. Isolatif
  5. Batang besi/tembaga ukuran 50 cm atau lebih.

Perlu diingat bahwa anda harus pastikan kabel untuk instalasi dirumah anda sudah menggunakan kabel  NYA Standard 2,5mm atau NYM Standar SPLN 2,5mm 3 in 1 jika belum maka anda mau tidak mau harus menarik panjang kabel warna kuning (NYA) keseluruh jalur jalur kabel yang menghubungkan stop kontak dirumah anda. Ingat kabel ardhe (kuning) hanya diperuntukkan untuk bagian dimana stop kontak berada.

Lakukan sambungan kabel kuning (ardhe) kesetiap jalur stop kontak  hingga ke dalam stop kontak nya, pasang kabel tersebut dengan membuka rumah stop kontak, lakukan untuk semua stop kontak yang ada didalam rumah anda. Ingat aliran listrik sudah terputus dari MCB/sekering depan..!!.

Jika sudah selesai maka anda lanjutkan dengan menyambungkan di bagian atas plafon/dek, dan lakukan penyambungan kesemua titik stop kontak berada.

setelah semua selesai pastikan posisi pemasangan besi ardhe (misalnya dibagian belakang rumah atau didepan rumah) dimana anda dapat dengan mudah menanamkan batang tembaga atau besi.

Sambung kabel ardhe(kuning) dari bagian atas dek yang sudah terpasang tadi dengan kabel kuning tambahan yang kemudian di tarik panjang hingga ke bagian tembaga atau besi yang akan ditanamkan ke tanah (harus dibagian tanah yang lembek atau lembab, jangan yang kering dengan kedalaman kira-kira 1,5 meter atau hingga mendapat bagian tanah yang berkadar air tinggi). Kemudian ujung kabel kuning (ardhe) anda ikatkan ke besi atau tembaga secara baik bisa juga dengan menggunakan clamp. atau bisa dengan menghubungkan kabel arde terlebih dahulu sebelum di tancapkan kedalam tanah.

stop kontak

Selesai sudah pemasangan kabel ardhe. kemudian coba nyalakan listrik anda. Anda dapat mencoba menyalakan PC, kulkas atau mesin cuci dan coba pegang bagian yang dianggap ada setruman kecil, jika masih terasa berarti sambungan kabel arde bermasalah atau ada yang belum nyambung. Periksa kembali sambungan secara keseluruhan, dan yang terpenting adalah jangan ada sambungan yang bersentuhan langsung antar kabel yang terbuka pada saat instalasi baik yang ada didalam stop kontak maupun disambungan diatas dekplafon rumah.

instalasi arde
                                                 Double Klik untuk memperbesar gambar

Demikian semoga membantu.

5 komentar

Tolong dicek lagi untuk standard warna kabel. Sebagaimana yang tertuang pada pedoman umum instalasi listrik (PUIL) yang terbaru. Makasih.

Hitam : Fasa
Biru : Netral
Kuning/Loreng hijau : Ground

Bolehkah besi arde listrik dipasang jauh dari meteran ? Alasannya adalah dibelakang rumah tanahnya rendah dan selalu basah ,di depan rumah tanah tinggi berarti pondasi rumah ada di tanah miring.

Boleh, dimana saja boleh cari yang paling baik letaknya.

Komentar anda segera ditanggapi, Terima kasih sudah berkunjung

Back To Top