Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Selasa, Mei 12, 2015

Membuat Box speaker responsif

Kali ini saya coba membuat box speaker responsif, box subwoofer ini dibuat untuk memaksimalkan suara Bass hasil resonansi dari bentuk box yang saya buat, Responsif artinya bisa menyesuaikan, maksudnya adalah jika anda akan memasang Speaker Bass dan midle range Speraker dalam satu box speaker maka anda harus membuat model box yang tidak saling bertabrakan suaranya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat box speaker terutama subwoofer box, yang pertama adalah harus tahu pergerakan udara didalam box pada saat membran speaker bergetar hebat. Tentunya kita tidak mau ada Getaran Bass yang hilang (loss) saat frekuensi rendah dari suara muncul. 

Pada box speaker yang berkualitas pembuatan Box tidak hanya sekedar menampung getaran suaran dengan dinding Box namun harus ada sekatan sekatan tertentu, misalkan saja banyak orang memberikan semacan bahan gabus atau filter kedan suara didalam box speaker, namun orang kadang lupa selain dengan memberi kisi kisi filter dalam box, desain box sendiri harus pula menjadi fokus perhatian untuk menciptakan box speaker yang menunjang kualitas resonansi suara baik yang ada dalam box maupun yang tersebar ke luar box speaker tersebut.

Saya tidak henti hentinya berkreasi dalam pembuatan box speaker terutama box speaker untuk kepeluan speaker Subwoofer. Perlu untuk menjadi perhatian juga adalah bahan yang digunakan untuk membuat box itu sendiri, gunakanlah bahan standard box speaker, menggunakan partikle board juga tidak masalah yang penting simetris, presisi dan rapi pada saat pemasangan bahan-bahannya. 

Ada trik untuk membuat box speaker agar kualitasnya menjadi tambah baik yaitu pada saat pengerjaan merekat keping box maka disetiap sambungannya gunakan pelapis sebelum di rekatkan dengan menggunakan paku atau sekrup, yaitu menggunakan Isolasi bolak balik  (double side tape) tentunya di lem juga, 

box speaker suara mantap
Box khusus Bass
rakitan box speaker
Baik berikut sebuah box speker yang saya buat yang bisa anda praktekkan di rumah, ukur sesuai bentuk gambar jangan terlalu panjang atau terlalu pendek, Pada bagian belakang sebisa mungkin di paskan dengan ukuran buritan speakernya jangan terlalu lebar. Ingat bagian (ruang speaker) harus lebih kecil dari ruang depan nya. ini untuk memaksimalkan resonansi suara.

box speaker yang bagus

Sedangkan untuk Box speaker  responsif seperti yang saya maksudkan adalah sebagai berikut : 




Cara kerja responsif box ini adalah terletak pada sekatan sekatannya, anggap saja anda akan memasang midle range sp atau twitter (high freq sp) pada depan speaker seperti gambar diatas yang sudah disediakan (ukuran tinggal disesuaikan saja) maka dengan adanya sekat di samping kiri kanan untuk middle atau twite sp tidak akan banyak dipengaruhi oleh getaran Bass, sebab getaran bass sudah disalurkan dengan membuat ruang terbuka ke arah depan. Jangan lupa pula untuk membuat tambahan sekatan mendatar di bagian depan agar suara lebih tambah mantap.

4 komentar

desain gambar2 box diatas pakai software apa mas ?

Untuk dimensinya dan ukuran portnya berapa gan ?

Untuk ukuran masing- masing sisi juga untuk lubang portnya gan ?

Komentar anda segera ditanggapi, Terima kasih sudah berkunjung

Back To Top