Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

loading...

Selasa, Mei 19, 2015

Membuat Antena TV Sederhana dengan box listrik T-DUS

Sobat kreasi, sudah banyak cara membuat antenna tv sederhana yang tampilkan di dunia maya menyuguhkan hasil karya mereka, nah sang kreator tersebut termasuk saya sendiri, hehe. Contoh dari hasil karya yang saya buat mungkin sudah anda praktekkan dirumah dan hasilnya tentu beragam tergantung kondisi lingkungan dan alam. Anda pasti mempunyai minat yang sama dengan saya untuk menjadi seorang pencipta (bukan penemu ya),  masalah nya bisanya bahan apa saja yang diperlukan untuk memulai berkreasi. Nah pada artikel Cara Membuat Antena TV Sederhana  merupakan salah satu contoh hasil karya sederhana namun tetap memperhatikan mutu atau kualitas. 

Dalam membuat antena TV sederhana sedikit banyak harus mengerti cara kerja atau sistem transmisi gelombang elektromagnetik. Begitu banyak cara membuat antena dan berbagai macam jenis antenna untuk berbagai keperluan telekomunikasi semuanya berpedoman pada perhitungan panjang gelombang. Sebagai sebuah penerima gelombang elektromagnetik di udara antena juga dibuat untuk memancarkan informasi (data berupa gambar, suara) dikirim melalui gelombang elektromagnetik dengan spasi-spasi panjang gelombang tertentu yang nantinya akan diterima oleh antena penerima dengan panjang antena tertentu sesuai panjang gelombang yang dipancarkan. Contoh Pemancar TV dengan menggunakan frekuensi UHF  500Mhz harus diterima dengan menggunakan antena dengan panjang gelombang yang sama yang diaplikasikan dengan panjang fisik antena penerima UHF berkisar 500Mhz juga.

Baca juga : Membuat Antena TV Keren menggunakan Pipa PVC Paralon

Bercerita tentang tekhnologi telekomunikasi tidak akan habis habisnya, dari ujung rambut sampai ujung kaki. Nah daripada berpanjang lebar ceritanya lebih baik kita bercerita tentang panjang lebar antena yang akan kita buat ini. Antena apa gerangan ?

Sesuai judulnya adalah Antena TV dengan T-DUS, apa itu T-Dus?
T-dus dalam bahasa instalasi listrik adalah sebuah wadah untuk menempatkan bagian sambungan kabel listrik guna pencabangan ke beberapa titik, lha berarti tu sebuah terminal dong, .. Benar sekali, bisa dibilang terminal bisa pula dibilang tempatnya transit kabel. Bagaimana bentuknya ? :

contoh T dus terminal sambungan kabel listrik


Siapkan dulu bahan dan peralatan seperti :
  1. Kabel NYA 2 buah masing-masing dengan panjang kira-kira 75cm
  2. Box T-Dus 4 in 1
  3. Paku Kabel kecil
  4. Kabel coax 75 Ohm (untuk TV). panjang sesuaikan jarak tv.
  5. Kayu reng 2x3 atau 3x4 
  6. Paralon kecil putih atau warna apa saja yang penting bisa masuk pada lobang T dus.
  7. Sekrup untuk terminal antena dan kabel coax nya.
  8. Solder + timah jika ada yang disolder.
  9. Palu kecil (jangan gunakan palunya Thor)
  10. Paku kayu secukupnya.
bahan pembuat antena sederhana dengan t dus
Bahan-bahan nya

Cara membuat antena TV sederhana menggunakan T DUS perhatikan gambar berikut ini :  :

Antena menggunakan T-Dus
  1. Potong pipa paralon masing-masing dengan panjang 21 cm sebanyak 4 buah.
  2. Kemudian masukkan setiap ujungnya ke setiap lobang terminal T-DUS (4 buah)
  3. Masukkan kabel NYA yang sudah dikupas kulit luarnya dari lobang 1 ke lobang ke 2 di sebelahnya, lakukan juga dengan sama untuk lobang  ke 3 dan ke 4.
  4. Gunakan Lem untuk memperkuat paralon di T-DUS.
  5. Ambil kayu reng/kaso untuk tiang antena, kemudian pada ujungnya paku T-DUS tadi tepat ditengah, usahakan T dus tidak bergerak, jika perlu tambah lagi pakunya tapi gunakan paku kecil saja. Hati hati jangan sampai palu menghantam badan T-DUS. Posisikan menjadi diagonal (X).
  6. Setelah terpasang dengan baik dan benar kemudian menyatukan ujung kabel ke tengah dengan membagi sisi kanan dan sisi kiri, pasang 2 buah sekrup (terminal antenna) dengan masing jarak 1 cm ditengah, lilitkan ujung kabel NYA dan kencangkan sekrupnya. begitu juga untuk terminal pada sekrup lainnya.
  7. Jangan lupa pada saat melilitkan ujung kabelnya, kencangkan kabel hingga bentuk kabel bagian luar lurus.
  8. Setelah selesai pasang kabel coaxnya, dengan benar (boleh terbalik asal jangan saling bersentuhan antara kabel inti dan serabutnya. 

4 komentar

kabel NYA brp mm bos

Semakin besar semakin baik

Jual ANTENA TV WAJANBOLIC, bagus untuk TV LED, TV DIGITAL, TV UHF. Nonton Tv Lebih ASYIK dengan ANTENA TV WAJANBOLIC tanpa semut dan tanpa BINTIK-BINTIK http://antenatv-rakitan.blogspot.com

itu kan t dus nya tipis gimana...kalau diberi baud...kan tipis....????

Komentar anda segera ditanggapi, Terima kasih sudah berkunjung

Back To Top