Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Senin, Mei 18, 2015

Nonton TV dengan Monitor PC jenis LCD atau LED

Sekarang jamannya nonton TV dengan Layar LCD atau LED, Jenis layar ini tergolong ringan ditambah lagi konsumsi dayanya sangat kecil, jadi sangat membantu untuk menghemat pemakaian listrik. 
Dirumah ada beberapa TV LED atau LCD namun rasanya masih kurang, misalnya perlu satu lagi untuk ruang kerja anda, kebetulan anda juga penghobbi tracking Satelite untuk menonton Siaran "Luar" yang konon semakin "Panas", hehe. Tanya harga di toko elektronik jenis TV LED atau LCD yang termurah tapi keuangan lagi tipis, namun jangan khawatir dengan masalah uang, berikut ada trik untuk menjadikan Monitor PC jenis LED atau LCD yang hanya memiliki input VGA menjadi sebuah layar TV.  Anda hanya mempersiapkan dana Rp. 200-300rb sudah mendapatkan semua yang diinginkan dengan bermodal layar monitor PC.

Belilah TV tuner Potable, TV tuner banyak jenisnya, semakin lengkap tentunya semakin mahal, tv tuner portable ini bukan jenis TV tuner external menggunakan usb untuk pemakaian ke PC/Laptop atau jenis internal yang biasa ditanam ke dalam PC tapi yang ini jenis biasa dengan power adaptor sendiri. TV tuner ini tentunya mempunyai satu kelemahan yaitu tidak dapat menonton TV sambil bermain komputer/PC.

Bagi yang sudah biasa menggunakan TV tuner tentunya sudah tahu jenis TV tuner ini diantaranya :
 a. Menggunakan adaptor sendiri.
 b. Tidak dapat diprogram dan ditonton di layar Windows atau sejenis OS lainnya.
 c. Harus digunakan bergantian dengan PC. 
 c. Tidak dapat direkam tayangannya.

Jangan Khawatir, namanya juga untuk penghematan anggaran. untuk itu disarankan menggunakan TV tuner yang memiliki banyak input dan output. Contoh :

Pastikan TV Tuner anda :
a. Memiliki Input RCA atau HDMI  
b. Memiliki Input S-Video (include RCA = Video-Audio)
c. Memiliki Input Antena Analog dan DC (so pasti)

Sedangkan untuk keluarannya :
a. Memiliki Output RCA (Video-Audio) atau HDMI (jika ada) atau yang lainnya.
c. Memiliki output VGA (so pasti)
d. Memiliki output Audio 

diagram instalasi kabel TV Tuner
Klik untuk memperbesar gambar


TV Tuner jenis ini sudah dilengkapi dengan remote control, Jika TV tuner ini memiliki Input VGA akan sangat mempermudah  untuk beralih ke PC  tanpa harus melepas kabel VGA, namun anda harus menyediakan 2 kabel VGA. Nah bagi pencinta TV parabola hanya tinggal memasang kabel RCA dari receiver DVB ke input RCA, nonton deh sampai pagi. 
Back To Top