Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Senin, Mei 11, 2015

Pasang Mp3 Player mini ke Speaker aktif

jika masih memiliki Speaker aktif lama yang jadul (tanpa usb input) sebaiknya anda modifikasi menjadi speaker aktif dengan menambah modul panel USB didepannya. Hasilnya pasti akan lebih keren. Mp3 Player mini yang saya maksudkan adalah modul preamp yang dilengkapi dengan bermacam input dan output. Selain dilengkapi USB port untuk memutar musik mp3 anda juga dapat menancapkan SD card baik yang mini maupun yang standard. Modul ini juga sudah menyediakan penerima radio FM dan input AUX dengan pilihan yang hanya tinggal di pencet, atau jika tidak mau repot2 tinggal ambil remotnya dan Jreng..!! musik dan radio tinggal dinikmati.

modul mp3 player mini

Mp3 Modul Player

Gunakan tegangan 12 volt DC  untuk mengaktifkan modul mp3 player ini, jika anda nantinya akan dipasang di Speaker aktif anda dapat mengambil tegangan tersebut pada power supply Speker aktif anda.

ada 3 kenektor pada modul ini yaitu konektor Audio outut dan input, sedangkan yang lainnya adalah konektor untuk pemberian tegangan.

Walaupun sudah disediakan kabel Audio bawaan modul namun untuk menyambungkan kabel audio tersebut gunakan kabel berserabut khusus buat Audio Balance Double Core (kabel inti 2 dilapisi serabut) seperti gambar di bawah ini : 

kabel balanced double audio
Nah dengan kabel ini kita dapat memasang output audio dari modul ke input speaker aktif dengan menggunakan solder (jangan disambung biasa), begitu pula dengan pemberian tegangan gunakan kabel yang mudah dipasang yang sesuai dengan fisik modul mp3 player tadi, karena arusnya kecil gunakan kabel kecil saja untuk input tegangan mp3 player tersebut. 
Modifikasi speaker aktif
Gambar skema yang lebih "jelas" seperti gambar dibawah ini :
Mp3 Player untuk peaker aktif
Klik untuk memperbesar

Atau untuk lebih jelasnya, saya suguhkan gambar dari postingan lainnya seperti ini : 
Mp3 Player untuk peaker aktif
Klik untuk memperbesar

Back To Top