Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Senin, Mei 11, 2015

Pasang Mp3 Player mini ke Speaker aktif

jika masih memiliki Speaker aktif lama yang jadul (tanpa usb input) sebaiknya anda modifikasi menjadi speaker aktif dengan menambah modul panel USB didepannya. Hasilnya pasti akan lebih keren. Mp3 Player mini yang saya maksudkan adalah modul preamp yang dilengkapi dengan bermacam input dan output. Selain dilengkapi USB port untuk memutar musik mp3 anda juga dapat menancapkan SD card baik yang mini maupun yang standard. Modul ini juga sudah menyediakan penerima radio FM dan input AUX dengan pilihan yang hanya tinggal di pencet, atau jika tidak mau repot2 tinggal ambil remotnya dan Jreng..!! musik dan radio tinggal dinikmati.

modul mp3 player mini

Mp3 Modul Player

Gunakan tegangan 12 volt DC  untuk mengaktifkan modul mp3 player ini, jika anda nantinya akan dipasang di Speaker aktif anda dapat mengambil tegangan tersebut pada power supply Speker aktif anda.

ada 3 kenektor pada modul ini yaitu konektor Audio outut dan input, sedangkan yang lainnya adalah konektor untuk pemberian tegangan.

Walaupun sudah disediakan kabel Audio bawaan modul namun untuk menyambungkan kabel audio tersebut gunakan kabel berserabut khusus buat Audio Balance Double Core (kabel inti 2 dilapisi serabut) seperti gambar di bawah ini : 

kabel balanced double audio
Nah dengan kabel ini kita dapat memasang output audio dari modul ke input speaker aktif dengan menggunakan solder (jangan disambung biasa), begitu pula dengan pemberian tegangan gunakan kabel yang mudah dipasang yang sesuai dengan fisik modul mp3 player tadi, karena arusnya kecil gunakan kabel kecil saja untuk input tegangan mp3 player tersebut. 
Modifikasi speaker aktif
Gambar skema yang lebih "jelas" seperti gambar dibawah ini :
Mp3 Player untuk peaker aktif
Klik untuk memperbesar

Atau untuk lebih jelasnya, saya suguhkan gambar dari postingan lainnya seperti ini : 
Mp3 Player untuk peaker aktif
Klik untuk memperbesar

15 komentar

gan mp3 player mini mati / tdk nyala tu knp ya gan

gan knp ya mp3 player miniku gk bisa nyala / mati apa mungkin kbesaran trum ya

emangnya strum dikasi berapa volt gan sampai bikin ga nyala? Atau mungkin saja agam ngasi strumnya kebalik, coba perhatikan dengan seksama, sebab petunjuk pada modul nya ditulis kecil2, siapa tau agan salah pasang polaritas tegangan.

kalo di pasang hp jadul yg support mp3 bisa bos? bls ke email

tegangannya harusnya di ck dulu gan sebelum di pasang,

Bisa aja gan.. pake jack audio, itupun kalau ada line input di SP Aktifnya

mas modul nya dimasukkan usb card reader belum ada 5 detik kok mati? tapi buat fm gpp

sudah saya cek semua soket usb gak ada yang konslet

gan knapa ya kalo stiap gnti lagu speaker bunyi "blep"

Coba dengan perangkat yang berbeda jika masih sama berarti ada masalah saat membuat track lagu pada mesia penyimpanan.

Saya mau tanya fungsi in put kit MP#

gan kalo modulnya aja gk pake sp aktif bisa gk

input audio yang ada pada modul tersebut dapat agan gunakan untuk bermacam keperluan misalnya untuk dirakit menjadi input audio HP guna mendengarkan MP3 dari HP namun perlu dipersiapkan konektor femalenya.

Modul nya itu hanya pre Amp saja gan (mesin budek) yang berfungsi mengolah input dari usb/memorycard atau sumber audio lainnya.perlu dikuatkan lagi makanya dipasangkan ke sp aktif biar kluar suaranya.

Mf pemula. Klo pengen ngerakit modul mp3 tunggal aja gimana caranya?

Gan, gimana cara merombak dvd menjadi memakai bluetooth

Komentar anda segera ditanggapi, Terima kasih sudah berkunjung

Back To Top