Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Selasa, Juni 09, 2015

Membuat Charger Aki Otomatis (Fast Charge)

Cas aki memang sangat diperlukan sebagaimana artikel terdahulu Belajar Cara Membuat Cas Aki, selain untuk keperluan emergency ketika strum aki motor atau mobil tiba-tiba habis, dapat juga digunakan untuk sekedar mencoba cas aki lama siapa tahu setelah di permak kemudian dicas dengan charger buatan sendiri bisa lagi dipakai.  Berikut saya berikan skema Battery charger yang dapat digunakan untuk keperluan mengecas aki motor atau aki mobil 12V 6AH- 70AH, tentunya rangkaian ini menggunakan sistem pemutus arus otomatis.   

rangkaian cas aki otomatis
Cas aki otomatis (automatic cutoff charging)

Cara kerja charger dengan pemutus arus otomatis ini adalah sebagai berikut :
Tentunya pengecas ini bekerja berdasarkan beban arus, saat beban pada aki memerlukan arus besar (biasanya aki dalam keadaan kehabisan strum) maka arus langsung di supply  ke aki dan yang ke transistor sementara diabaikan. sehingga transistor belum dapat bekerja selama aki dalam keadaan di isi. Namun disaat aki sudah hampir penuh dan tidak lagi memerlukan arus (saat penuh), maka akan mencari beban lain yang memerlukan yaitu transistor. Ketika transistor mendapat tegangan jatuh kemudian arus mengalir untuk menguatkan rangkaian relay, sehingga tegangan relay terpenuhi dan bekerja. Saat relay bekerja secara otomatis menginduksi lilitan relay kemudian terjadi medan magnet yang menarik saklar/switch relay ke posisi NO (Normal Open) sehingga menyalakan LED hijau bertanda aki sudah penuh. 
Fungsi diode IN5404 sendiri sebagai pengunci agar tidak terjadi tumpang tindih indikator LED (merah dan Hijau) sebab disaat led hijau menyala maka led merah secara otomatis tidak mendapat arus sehingga tidak perlu menyala dan arus tidak lagi melewati terminal (-) aki.    
Silahkan dicoba-coba dulu ya. namun perlu diingat pada saat menggunakan pasang dulu jepitan ke aki nya baru kemudian di colokin kabel listriknya, ini supaya kondisi led charge normal. 
Back To Top