Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Selasa, Desember 08, 2015

Cara membuat Penghisap Asap Dapur (Cooker Hood) sederhana

Sekedar berbagi kreasi, maklum saya tergolong pada golongan masyarakat menengah kebawah, seperti yang anda ketahui orang menengah kebawah itu hidupnya ga neko-neko walaupun sebenarnya dalam hati kecil ingin neko-neko tapi apalah daya mampunya hanya segitu aja alias pas-pasan, hehe.

Contoh,  sebagai orang menengah kebawah seperti saya ini fasilitas yang dimiliki antara lain :
1. Punya rumah sangat sederhana, dan itupun tahun depan baru lunas, dengan perjuangan yang sangat panjang
2. Pagar keliling juga belum mampu didirikan dan keamanan juga masih dipertanyakan.
3. Rumah kecil yang kadang masak, makan, dan tidur ruangannya berbaur menjadi satu.
4. Punya kompor gas, dengan dapur pas-pasan dan dibuat diruang tertutup, maklum lingkungan belum aman.
5. Punya sepeda motor 2 buah, sepertinya agak berkelas, namun kadang masih ngitung biaya bbm perbulan beserta servicenya yang juga lumayan menguras dompet.
6. Pokoknya semuanya perbulannya mesti dihitung, termasuk bayar listrik dan PDAM.
7. Seterusnya anda yang merasa masuk dalam golongan ini bisa lebih banyak tahu.

Membuat Sedot Asap Dapur atau Uap Masakan sederhana 

Ceritanya ingin buat ruang dapur minimalis sebut saja "kitchen set" ala golongan menengah, lengkap dengan meja dapur berkeramik dan lemari dinding dan pintu pintu diatasnya, dengan bermodalkan kompor dan tabung gas bawaan dari rumah mertua. Namun saat sudah terpasang dan keliatan rapi terjadi masalah yakni kurangnya ventilasi atau terjadi salah letak dan salah jalur keluar masuk (sirkulasi) udaranya. Hal itu ternyata mengakibatkan masalah baru yaitu polusi udara di dalam rumah saat istri sedang memasak didapur berupa asap atau uap dari masakan menyebar ke segala ruang dalam rumah anda sehingga mengganggu aktifitas dan rasa nyaman penghuni rumah termasuk anak-anak.
Saya tidak ingin berpanjang lebar, karena sudah hampir 2 minggu mikir nyari solusi yang tepat dan membuatnya dengan biaya yang murah, maka selesailah gambar di bawah ini, Nah kira-kira seperti apa, ataukah  besok saya sudah akan mulai membuat alat bantu dapur ini  atau jangan-jangan malah sudah didahului oleh Sodara-sodara sekalian :
Gambar Sedot Uap atau Asap dapur  sederhana (Cooker Hood)
Bahan-bahan yang rencananya saya akan beli :
1. Kipas Angin (Cooling Fan) Kecil ukuran 10x10 cm biasanya banyak dijual di toko elektronika, mirip kipas/blower cashing PC dengan tegangan 220V AC bukan 12VDC, karena akan langsung menggunakan tegangan listrik rumah.
2. Pipa paralon berukuran panjang secukupnya berdiameter 3/4 kipas angin 220V dan 1 buah sambungan siku.
3. Kabel ukuran sedang 0,8 mm inti 2, dan sebuah sakelar on/off buat menyalakan kipas.
4. paku kayu 1 inch dan beton secukupnya.

cooling Fan 220VAC
Cooling Fan (mini) 220V AC
Peralatannya :
1. Bor listrik dengan mata bor kayu dan beton ukuran maksimal
2. Palu dan Paku pembobol beton kecil.
3. cement secukupnya buat merapikan sisa bongkaran beton/dinding.
4. dll yang diperlukan.

Cara membuat cooker hood :
-Bagian bawah lemari dinding kitchen set anda yang letaknya tepat di atas kompor gas, di bor dengan ukuran mata bor kira kira 1cm, buat lobang dengan jarak rapat 1 cm juga, dianjurkan berpola melingkar dan di bor penuh (lihat gambar), namun terserah anda berapa banyak diperlukan lobang-lobang tersebut tergantung kreasi anda saja.
-Kemudian buatlah sekatan dengan bahan multiplex plywood atau terserah anda ukuran kira-kira 1cm dan ukuran lebar diperkiakan pas pada runag lemari kichen set yang di olah tadi, kemudian buatlah satu lobang yang berdiameter di sesuaikan dengan diameter pipa PVC tadi. Pertanyaannya mengapa harus membuat sekatan, padahal bisa saja 1 ruang lemari tadi dijadikan tempat penampungan uap. Nah sebenarnya terserah agan-agan saja, tetapi maksudnya adalah dengan adanya sekatan agan bisa memanfaatkan ruang tersisa diatasnya untuk menyimpan barang/peralatan dapur lainnya.
-Sampai disini Anda pasti sudah mengerti, dan selanjutnya dikerjakan sesuai gambar, dan untuk penempelkan kipas angin tersebut bisa menggunakan lem Fox.
-Yang terakhir adalah memasang kabelnya  dan rangkaian saklar sesuai keahlian masing masing.


Perlu diperhatikan jarak antara lemari (kitchen set) bagian atas kompor dengan kompor gas harus aman dan tidak terlalu dekat, ini untuk menghindari api besar yang mungkin bisa tersedot ke atas dan membakar lemari. Oleh karena itu untuk yang menggunakan selain kompor gas alat ini tidak dianjurkan. Mengingat uap masakan mengandung partikel pekat seperti asap dan tentunya mengandung banyak uap minyak maka dianjurkan untuk rajin membersihkan kipas anginnya (Fan) supaya tetap awet.

Selamat mencoba
Back To Top