Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Minggu, Mei 29, 2016

Membuat Speaker Aktif menggunakan tegangan 5V USB

Ternyata tidak terlalu sulit jika kita ingin melakukan ekperimen dengan memanfaatkan tegangan 5VDC dari output USB port yang ada di PC atau Laptop. Hal ini sudah kita bahas dalam artikel yang lalu (di sini). Tidak abdol jika yang akan kita buat tidak dilengkapi dengan sebuah rangkaian pembuatan Speaker Aktif bertegangan 5V DC.

Berikut adalah gambar rangkaian Speaker Aktif yang sudah jadi dan siap untuk dirakit menggunakan peralatan kerja seperti Solder, Papan Sirkuit, Kabel-kabel, tang potong dan lainnya yang dibutuhkan. Sebagaimana yang sudah sama-sama kita pelajari maka saya anjurkan anda untuk membuat sendiri PCB dengan menggunakan PCB polos dan berkreasi dengan cairan FeCI3 atau H3 (gunakan sarung tangan). Untuk dapat merakit atau menggambar PCB anda bisa mencoba terlebih dahulu dari contoh rangkaian sederhana.  Lalu anda dapat mencoba menerapkan pada rangkaian berikut ini :

Rangkaian Speaker Aktif 5V DC

Komponen yang diperlukan : 

Condensator : 
C1 : 100Uf/10V
C2,C3,C4,C8,C10 : 100n
C5,C6, C7,C9 : 100Uf/25V
Resistor :
R1 : 1 ohm
R2,R3 : 47K ohm
R4 : 680 ohm
R5,R6 : 4,7 ohm
Integrated Circuit (IC) : TDA2822M
Variable Resistor (VR)4,7K ohm x 2 (stereo)
LED indikator : 1 
Switch Power : 1
Speaker : 4ohm/1Watt x2 

Karena rangkaian diatas adalah sebuah penguat suara jenis stereo maka gunakan jack audio doble input (jack audio stereo) harap diperhatikan cata pemasangannya terutama pada CT atau Grounded nya. Sedangkan untuk konektor USB anda dapat mencari referensi pemasangan kabel tegangannya nya di mbah google atau anda dapat mempelajarinya sebagaimana gambar di bawah ini:


9 komentar

Mas lampu emergency saya juga rusak, capacitor 105, 250v hangus dan baterai nya mati, aslinya pakai baterai 800 mAh niCd 3 buah yg dipasang seri jadi 3.6v, nah bila saya ganti dengan satu buah lithium ion 18650, 3.7v 3000 mAh, apa bisa.? Soalnya saya khawatir overcharged karena rangkaian nya sederhana sekali tidak ada auto cut off bila Baterai penuh

ganti baterainya termasuk kapasitor yang hangus tsb, coba di test dulu, mudah2 bisa. Selama Batterainya bagus saya kira tidak akan mempengaruhi kerja componen.

Gan ane bli lampu emergency yang langsung dipasang difitting lampu, awalnya lampu emergencynya dalam kondisi baik/nyala, cuma pda saat ane masukin ke fitting lampunya mungkin tidak pas posisinya sehingga pada saat di nyalain terjadi korslet/mati lampu/ngejepret dan ane cek lagi lampu emergencynya jadi mati total, ada yang tau ga ya gan kira2 masalahnya dimananya?apa yang musti diganti, tks

Buka Box lampunya, periksa komponen dan kabel-kabel didalamnya mungkin ada yang koslet . perbaiki

mas gambar pcb d atas di mana tempat volumenya

Tidak ada hubugannya dengan fitting lampunya. mungkin memmang Emergency Lamp Agan yg sudah korslet. Ganti Lapmu Emergency nya atau diperbaiki terlebh dahulu.

Maaf dak nymbung mas...
mau nanya...
saya punya mobil remot control hanya mau jalan "bekerja" dengan sambil di charger. ketika charger di copot, maka dinamo juga tidak mau bekerja...
mohon pencerahanya...

Komentar anda segera ditanggapi, Terima kasih sudah berkunjung

Back To Top