Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronika dan kelistrikan

Ahad, Jun 26, 2016

Pengering Mesin Cuci Rusak

Kerusakan mesin cuci ada banyak macamnya, karena mesin cuci terdiri dari motor-motor penggerak drum, Drum ini sebagai wadah untuk pakaian yang dicuci atau yang dikeringkan, maka biasanya ada 2 motor di dalam mesin cuci yaitu motor penggerak drum cuci dan motor penggerak drum pengering. Salah satu kerusakana mesin cuci yang akan kita bahas dan pelajari adalah mengenai Pengering Mesin Cuci Rusak.

Saya tidak menyebutkan salah satu merk mesin cuci dimaksud. namun seperti yang kita ketahui bahwa prinsip kerja mesin cuci adalah sama. yaitu Mencuci, mengeringkan, membilas dan mengeringkan kembali.
salah satu Jenis Mesin cuci
Mesin Cuci 2in1
Jika terjadi kerusakan mesin cuci tidak bisa mengeringkan pakaian alias drain motor tidak bekerja maka yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :
  1. Matikan atau cabut kabel listrik mesin cuci anda agar terhindar dari kejutan listrik.
  2. Buka penutup belakang mesin cuci anda atau juga tutup bawahnya, tentunya dengan merebahkan mesin cuci tersebut.
  3. Periksa bagian katup pembuka air cucian, bisa dicari dengan menelusuri slang keluar air cucian hingga ke dalam.
  4. Jika sudah ditemukan lakukan pengecekan manual dan cara manual untuk mengeluarkan air cucian. 
  5. Perhatikan box khusus yang terhubung dengan katup drain (pengering) biasanya di ujung box ada semacam benang/sling penarik yang mengarah ke katup pembuka air, lepaskan box tersebut dan mulailah memeriksanya.
  6. Biasanya bagian ini terdiri dari motor penggerak yang menempel di dalam box, usahakan motor ini bisa anda lepas, namun hati2 sebab di bagian dalamnya terdapat gear pemutar untuk penggerak benang atau seling pembuka katup. 
  7. Contoh Gambar Drain (Pengering) Motor.
    Drain Motor Box
    Drain Motor Box
  8. setelah berhasil dilepas bersihkan karat yang menempel di setiap bagian magnet atau rotor, gunakan cleaner spray, Dibagian box drain ini juga terdapat konektor 220vac, sebenarnya di bagian inilah permasahan yang membuat pengering mesin cuci macet. Gunakan contack cleaner untuk membersihkan konektor atau tempat sambungan kabel yang ada pada box drain ini, namun jangan lupa pula untuk membersihkan bagian kepala kabelnya, gunakan contact cleaner juga hingga benar yakin  karat atau lapisan hijau penghalang kontak sudah bersih. 
  9. Pasang kembali box motor drain ke tempat asalnya dengan benar, dan padang kembali benang penarik katup dan lakukan test. Jika konektor kabel atau motor drain tersebut sudah bersih dan kontak kabel sudah bagus (nyambung kembali) maka mesin cucui anda dapat dipastikan bekerja kembali dengan baik.
  10. Selamat mencoba.

9 komentar

Lubang blakang untuk apa ya boss? Maksudku kabel dan udara masuknya dari mana?

Lobang blkg bisa buat instalasi kabel kemudian tutup rapat kmbl, makasih

Daihatsu Matraman delete 12 Julai 2016 7:19 PG

banyak banget yag kaya gtu hp saya sering eror.thanks ya infonya
http://daihatsumatraman.com/mobil/harga-daihatsu-luxio/

Arus/amperenya yg besar apa tidak cepat merusak hp atau baterainya.sebab ampere maksimal charger hp cuma 2A.sedangkan ampere psu lebih 20A.walaupun tegangannya sama 5volt.

Yang dapat merusak hp adalah saat tegangan berlebihan dari yang dibutuhkan sebuah HP yaitu 3,7Volt bukan besar arusnya, bahwa tegangan 5 V dari PSU Komputer adalah masih dalam toleransi (maksimal) yang tidak membahayakan baterai hp agan. Namun Jika Tegangan dari PSU melebihi 5 V ..anggap saja hingga 7 - 8 volt atau bahkan lebih maka baterai hp akan langsung rusak.

Maaf gan,kalau setahu saya port usb baik itu dari komputer atau laptop arusnya cuma 0.500A.memang masuk dari PSU 20A,cuma sdh dibagi bagi dan diatur oleh motherboard.dan saya coba cari di mbah google,katanya arus yg besar itu bisa merusak baterai atau ic power dari hp tersebut.memang waktu pengisian baterainya lebih cepat.mohon maaf kalau pendapat saya salah.

Setahu saya yang sering menggunakan Charger HP menggunakan PSU, pengisian stabil, justru menggunakan charger aslinya malah lebih cepat (contoh Asus). Hukum Arus juga menjelaskan arus sumber akan menyesuaikan arus yang diperlukan beban.

sama2 gan, maksih kunjungannya

brp ukurannnya ?

Komentar anda segera ditanggapi, Terima kasih sudah berkunjung

Back To Top