Mengatasi tombol start mesin cuci tidak berfungsi

Posted by

Kerusakan tombol start pada mesin cuci 1 tabung, anggap saja Mesin Cuci merk Samsung type WA9074, yang kebetulan merupakan produk samsung yang sudah 4 tahun saya gunakan (sangat awet). Kerusakan terakhir yang sangat menyita waktu saya adalah saat tombol start nya tidak berfungsi sama sekali (seperti terputus koneksinya). Namun meskipun sangat kesulitan saya tetap usahakan barang lama ini dapat saya gunakan kembali meskipun sang istri sedikit mengomel.

Apa daya ketika saya tanyakan harga 1 buah modul mesin cuci samsung WA9074 ini lumayan tinggi yaitu seharga Rp.570.000, oleh service center samsung, dan saya juga cek bukalapak ternyata harga nya lebih mahal sekitar Rp. 700.000, pulang kerumah dengan tangan hampa, langsung bereksperimen bagaimana cara memanipulasi tombol tombol tersebut. Berikut beberapa hal yang sudah saya lakukan dan sepertinya dapat dicoba sama rekan-rekan pembaca yang mengalami hal yang sama.
  1. Colok aliran listrik seperti biasanya.
  2. Untuk melakukan proses cuci pakaian tekan secara bersamaan 3 tombol (power+turbo+jenis kain). maaf mohon dikoreksi bahasa nya karna belum sempat edit gambar. Pada proses ini mesin cuci akan merespon langsung dengan melakukan sedikit putaran (kurang lebih 3 putaran bolak balik, dan jika tabung kosong maka akan beralih ke proses membuka keran air atas mesin) mesin akan melakukan pengisian air hingga level yang disuaikan pada led level air. Jika level tersebut pada posisi terendah (low) anda dapat mengulanginya kembali dengan terlebih dahulu mematikan atau menekan tombol power, maka biasanya led level air berubah ke posisi high. Setelah air penuh maka proses mencuci dimulai hingga proses pengeringan, bilas dan pengisian kembali hingga pengeringan terakhir. Saat pengeringan terakhir kita maaih dapat mendengarkan alunan musik pemberitahuan cucian sudah selesai (sebagaimana saat mesin normal). Namun perlu saudara ketahui jika saat musik ini sudah berbunyi matikan mesin segera, sebab ternyata proses pencucian setelah beberapa menit musik berkumandang akan dimulai kembali. Maka segera matikan mesin cuci anda dengan menekan tombol power atau mencabut langsung kabel listriknya.
  3. Saya juga sudah melakukan beberapa rangkaian percobaan atas kegagalan tombol start ini salah satu nya yang terakhir adalah proses pengeringan (spinning langsung), Anda dapat mencobanya jika anda ingin langsung melakukan pengeringan pakaian (proses spin) yaitu sebagai berikut: pada saat proses cucian berlangsung dan air cucian masih ada, matikan mesin cuci anda dengan menekan tombol power, kemudian lakukan langkah ini, tekan bersamaan tombol power+ tombol jenis kain, maka seketika itu mesin akan merespon dan melakukan putaran langsung satu arah (spin), namun proses ini akan mengalami 2 proses sekaligus yaitu proses membuka valve (penutup air keluar) dan proses spin sehingga akan tedengar suara yang sedikit menghentak saat perpindahan belt motor dari pencuci ke pengering, namun sampai postingan ini di tulis mesin cuci samsung wa9074 saya tetap bisa digunakan dan aman aman saja.
Mengatasi tombol Start Mesin Cuci
Tombol Alternatif

Nah itulah tips untuk mengatasi tombol start samsung WA9074 yang tidak dapat berfungsi, semoga postingan kali ini dapat membantu anda yang mempunyai masalah sama.☺


Blog, Updated at: Ahad, Julai 31, 2016

2 komentar:

Komentar anda segera ditanggapi, Terima kasih sudah berkunjung