Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

loading...

Kamis, Agustus 25, 2016

Tips Agar Parabola Dish Offset Tidak Tergenang Air Hujan

Jenis dish offset memang selalu bermasalah salah satunya adalah sulit melakukan tracking satelit, ditambah lagi dish jenis ini menggunakan jenis engsel kaku, tidak seperti dish jenis grid yang sangat mudah dikerjakan, anda tingal melumasinya dengan greese saja. Dish Offset disamping memiliki kekurangan sebagaimana tersebut di atas juga memiliki kelemahan mendasar yaitu dapat menampung air hujan apabila sedang hujan. Hal ini tentunya dapat menyebabkan gangguan penerimaan satelit, terutama refleksi sinyal dari lengkunagn dish offset ke LNB akan menjadi terganggu yang menyebabkan pantulan tidak terfokus karena adanya genangan air di permukaan dish.

Beberapa hal yang menyebabkan dish Offset tergenang air hujan :

Salah Penempatan Dudukan Dish, kesalahan menempatkn dudukan dish akan mempengaruhi posisi dish secara keseluruhan, misal Dish offset ini anda tempatkan di area yang tidak datar seperti di atas atap rumah, padahal bisa saja posisi Dish Parabola lebih miring namun dikarenakan ditempatkan di atas kemiringan atap maka, mau tidak mau anda harus menyetel ulang letak LNB ke posisi yang lebih jauh, hal ini membuat banyak pekerjaan menjadi rumit dan dish mempunyai resiko tergenang air hujan karena posisi yang menengadah ke atas.

Salah mengarahkan dish offset ke Satelit yang di terima, Sebagai orang awam kta sering melihat para instalatir Antena Parabola memasang dish antena offset di rumah-rumah pelanggan ke sembarang satelit, terkadang ke timur, ke barat maupun ke selatan, namun setelah dicek ternyata si pelangan sudah enak-enakan nonton sama seperti yang kita tonton dengan satelit siaran yang sama. bingung bukan?.
sebagai orang yang mengerti tracking hal itu biasa saja. Sebagaimana kita ketahui bahwa kemasan Dish Antena Offset sudah memiliki sudut pantul ke LNB yang sama, namun karena Satelit yang digunakan untuk menerima siaran kanal tv adalah tepat di atas kepala anda (biasanya Telkom1, PalapaD, SES7, SES8 dll) maka dengan arah manapun jika posisi pantulan dish bisa diterima LNB azimuth dish tidak terlalu berpengaruh, bahkan dish offset dapat diputar 180 derajat seperti radar dengan satelit yang sama di atasnya.

Dish Parabola offset tergenang air hujan
Dish offset tergenang air hujan
Untuk ukuran kita dengan kemampuan biasa-biasa saja, hal tersebut jangan membuat kita jadi tambah bingung, berikut saya jelaskan rahasianya dan solusi nya.
trik pemasangan Dish Offset parabola : Usahaan anda mengetahui sudut pantul permukaan dish  ke LNB nya, biasanya berkisar 20 derajat, nah jika sudah tahu anda hanya memperkirakan posisi dish tersebut di mau arahkan ke satelit yang mana, contoh ke arah Astro, maka perhatikan arah LNB ke dish tarik lurus dan perkirakan pantulannya dari LNB ke Dish ke Satelit  memiliki sudut 20 derajat, maka sudut yang ke satelit tersebut adalah merupakan arah satelit yang akan kita tracking. Mudah bukan?.
trik agar dish offset tidak tergenang air hujan  : Jika ternyata setelah dipasang dish offset tetap pada posisi menampung air hujan anda tidak usah khawatir, bahwa sebagaimana prnsif dasar dish adalah sebagai pemantul sinyal dari satelit ke LNB maka anda dapat memodifikasi Dish offset anda menjadi layaknya dish grid (jaring/kasa). Caranya adalah sebagai berikut :
buat beberapa lubang kecil yang rapih di sekitar genangan air hujan yang biasanya tergenang. Jangan takut akan kehilangan sinyal, sebab dengan pemberian lubang yang kecil-kecil dan dibuat rapih tidak akan berpengaruh ke pantulan dish, justru yang berpengaruh adalah jika dalam pembuatannya dilakukan dengan asal-asalan atau semberono sehingga mengakibatkan lengungan dish merubah (penyok-penyok). Nah agar menjadi rapih gunakan bor listrik dengan mata bor besi berukuran 3-5 mm lalu lakukan pengeborn disekitar bibir atau bagian yang sering tergenag air hujan.

Selamat mencoba semoga berhasil :)

2 komentar

harus bawa perangkat lengkap ke atas jika ingin setting pakai Dish offset (Monitor TV receiver dll) namun jika posisinya di halaman depan atau belakang yang leluasa, agan bisa berkreasi langsung dengan menggeser geser LNB sampai dapat, maaf sementara ga bisa memberikan hitungan jarak. Sederhananya posisikan tracking dishnya antara kedua satelit tersebut.

seadanya aja dulu gan, usahakan diatas 3 A

Komentar anda segera ditanggapi, Terima kasih sudah berkunjung

Back To Top