Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronika dan kelistrikan

Mengubah Peralatan DC 12V Menjadi Peralatan Listrik 220V AC

Yang memiliki kendaraan roda empat atau mobil tentunya mempersiapkan peralatan pembersih seperti vacum cleaner, compressor DC dan lainnya, namun saat dipergunakan untuk membersihkan mobil harus menghidupkan mesin mobil agar aki tidak ngedrop. Tentunya hal tersebut menjadi tidak efesien. Seharusnya  peralatan tersebut dapat juga digunakan menggunakan sumber daya lain yang lebih efesien dan praktis.

Cara mudah untuk mengubah pwnggunaan alatb dari sumber daya listrik dari DC ke AC adalah menggunakan Power Supply. Power Supply ini harus disesuaikan dengan kebutuhan daya peralatan yang digunakan seperti vacum cleaner atau compressor.

Untuk Kebutuhan tersebut anda harus membeli Power Supply dengan daya besar, minimal berkekuatan 10 Ampere, sehingga vacum cleaner atau compressor dapat bekerja dengan baik. Jika anda seorang yang suka membuat untuk sekedar hobi atau untukb menekan besar pengeluaran, tentunya anda dapat merakit sendiri Power Supply tersebut.

Sebagaimana judulnya hal tersebut tentunya dapat anda lakukan sendiri dengan desain yang dapat anda buat sendiri pula. Gambar berikut adalah contoh Power Supply yag telah jadi yang dapat anda beli langsung dan dapat digunakan. Tentu saja selain menyiapkan Power Supply Anda juga harus mempersiapkan Adapter (interface) atau konektor khusus untuk menyambungkan konektor Cigarette Lighter (Male to Female connector). Penjelasannya dapat anda baca di artikel Membuat Power Bank Sendiri (lihat contoh gambar paling akhir bagi yang belum mengenal cigarete lighter).

Power Supply AC to DC

Anda bisa menggunakan perangkat Adaptor (Power Supply) konvensional yang dapat anda pasang seperti ini :

DC Adaptor
Sangat simple dan mudah dipasang ke semua peralatan yang menggunakan tegangan DC dari accu mobil anda. Menarik bukan, silahkan mencoba.

Komentar anda segera ditanggapi, Terima kasih sudah berkunjung

Back To Top