Sambungan kabel listrik untuk lampu dan stop kontak

Posted by

Hallo, sahabat Pasang Kabel yang budiman, semoga dalam keadaan sehat. Ada beberapa hal yang sering ditanya, bagaimana Sambungan kabel listrik untuk lampu dan stop kontak serta bagaimana cara menyambung kabel pada titik lampu atau stop kontak dengan mudah dan tentunya lebih gampang dipahami.

Memasang kabel untuk titik lampu dan kabel buat pemasangan stop kontak juga perlu pengetahuan dasar pengkabelan listrik, terutama bagaimana kita menentukan jumlah kabel pada titik persambungannya. Misalkan pada 1 buah titik lampu kita hanya perlu kabel dengan isi 2 buah kabel (netral dan fasa) jadi tidak perlu menggunakan lebih dari 2 kabel atau gunakan saja kabel 2 in 1 namun bisa saja di pasang 2 lampu dengan pemasangan paralel.

Lain halnya jika kita akan memasang titik sambungan untuk terminal stop kontak, maka yang paling baik adalah menggunakan kabel 3 in 1, maksudnya adalah kabel ketiga (kuning) khusus kita siapkan untuk pentanahannya atau arde sebagaimana yang sudah pernah dijelaskan pada artikel sebelumnya.

Selain dijelaskan di atas, berikut gambar cara pemasangan kabel untuk titik sambungan disetiap titik lampu dan stop kontak sebagai berikut.
skema dasar pemasangan switch lampu
Skema Dasar Switch Lampu
Berikut ini adalah skema instalasi pemasangan lampu dengan sumber listrik diambil dari kabel induk :
Skema pemasangan kabel switch untuk lampu
klik gambar untuk memperbesar

Gambar skema cara memasang kabel untuk Stop Kotak yang ditarik dari kabel induk :

Sambungan kabel listrik untuk stop kontak
Klik Gambar untuk memperbesar
sedangkan dibawah ini adalah skema gambar cara penyambungan kabel untuk membuat titik pemasangan lampu serta cara memasang switch untuk lampu.
Jika dalam prakteknya anda akan memasang beberapa titik lampu dengan switch pada satu tempat, gunakan imaginasi anda dengan berpedoman gambar diatas, petunjuk lainnya sebagai berikut :
  • Jika ingin pasang  2 buah atau lebih lampu dengan satu switch, anda tinggal pasang kabel fasa seri untuk ke setiap lampunya dan netral juga seri, meski kenyataannya lampu dipasang secara paralel.
gambar skema pemasangan kabel lampu dan switch lampu
  • Jika ingin memasang 2 buah atau lebih lampu dengan masing-masing lampu mempunyai 1 buah switch dan switch ditempatkan pada satu tempat maka anda hanya tinggal seri tegangan fasa nya ke masing-masing switch dan masing masing switch dibuat 1 buah keluaran ke masing masing lampu dan anda hanya tinggal membagi tegangan netral ke masing-masing lampu langsung dari atas plafon (dari kabel induknya).
gambar skema pemasangan kabel lampu dan switch banyak lampu
Nah ternyata mudah bukan ? cara memasang kabel untuk lampu beserta pemasangan swith yang benar, namun hati-hati saat instalasi, agar mematikan aliran listrik terlebih dahulu dari switch induk (MCB meteran).


Blog, Updated at: Rabu, September 21, 2016

0 komentar:

Catat Ulasan

Komentar anda segera ditanggapi, Terima kasih sudah berkunjung