Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronika dan kelistrikan

Penyebab Baterai Handphone Menggelembung

Kita sering menjumpai kasus Baterai HP menggelembung dan tidak bisa digunakan lagi, apa sebenarnya penyebab terjadi kerusakan tersebut. Umumnya ada beberapa kasus kerusakan baterai HP (hape) diantaranya baterai hape tidak dapat dicas (recharge) disebabkan malfungsi pada bagian konektor charge pada hape tersebut, atau cell baterai/elektrolit baterai sudah mengalami habis masa pakai sehingga tidak dapat lagi menyimpan daya, atau pada sistem control dan identifikasi baterai pada hape tersebut tidak berfungsi sehingga tegangan tidak dapat berlanjut ke proses recharging atau bahkan mungkin charger hape nya yang mengalami kerusakan dan tidak mengeluarkan tegangan charge.

Baterai menggelembung karena terjadi kebocoran tegangan charger.
Baterai hp menggelembung bukan berarti masa pakainya sudah habis, namun disebabkan beberapa faktor sehingga baterai mengalami kerusakan serius dan menggelembung.
Salah satu penyebabnya adalah terjadi kebocoran tegangan dari piranti "proteksi tegangan" yang ada di dalam kemasan baterai hape tersebut sehingga tidak dapat memfilter tegangan dari charger. Kebocoran ini membuat tegangan berlebihan, kemudian mempengaruhi dan bereaksi pada cell di dalam baterai menimbulkan panas berlebihan. Reaksi dari panas tersebut kemudian mendesak kemasan tertutup baterai hape dan lama kelamaan fisik baterai hape menggelembung.

baterai hape rusak

Baterai hape menggelembung disebabkan kerja ganda baterai.
Kerja ganda baterai hape adalah menggunakan hape sekaligus melakukan charging. Hal ini menyebabkan kerja ganda piranti proteksi tegangan, yaitu antara menyesuaikan tegangan masuk dengan beban hape yang sedang digunakan. Pada baterai hape yang kurang baik sangat mungkin terjadi crash pada piranti proteksi baterai (regulator). Sudah barang tentu arus pemakaian akan bertambah besar yang dibebankan kepada piranti ini.
Regulator Baterai Hape

Kesimpulan :
Pada baterai hape dengan kualitas minim, hal demikian bisa saja terjadi, namun pada hape dengan kualitas baik hal tersebut sudah diperbaiki dari pihak pabrik, namun pada kasus-kasus tertentu masih dapat terjadi. Bantuan dari berbagai aplikasi untuk meningkatkan ketahanan baterai atau aplikasi untuk memonitor penggunaan baterai hape pun marak dijual bahkan gratis dan bisa kita dapatkan di google play store. Namun aplikasi ini hanya sebatas memonitor penggunaan baterai yang berlebihan atau sedikit mengurangi beban lebih penggunaan daya tentunya kinerja aplikasi hape yang lain menjadi terbatas, anda hanya tinggal melakukan setting khusus untuk mendapatkan prosteksi dari pihak ketiga itupun jika anda ingin benar-benar menggunakanya.
Jadi jika anda memiliki hape dengan baterai yang sudah mulai menggelembung maka bersiaplah untuk membeli baterai yang baru. Sebab jika baterai yang rusak tersebut terus digunakan disamping akan dapat merusak lebih jauh hingga ke piranti sistem hape, anda juga perlu memikirkan keamanan anda dalam menggunakan hape.
   

1 komentar:

Komentar anda segera ditanggapi, Terima kasih sudah berkunjung

Back To Top