Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronika dan kelistrikan

Rabu, September 07, 2016

Penyebab munculnya notifikasi Windows Script Host Access is disabled

Windows Script Host Access is disabled on this machine. Contact your administrator for details. 
Anda mungkin pernah mendapatkan notifikasi seperti tersebut di atas. Penyebab munculnya notifikasi dari Windows ini tidak lain disebabkan oleh otomatisasi dari windows untuk tidak mengatifkan Windows Script Host Access (WSH) Beberapa pihak mengklaim bahwa di nonaktifkannya WSH dikarenakan alasan bahwa telah digunakan pihak penyusup yang menyerupai virus HTML, terutama jika kita sering bekerja menggunakan script baik VBScript maupun jenis JScript. Kecurigaan ini secara otomatis WSH dinonaktifkan oleh Windows. 

Windows Script Host merupakan teknologi dari Microsoft dalam melakukan pekerjaan scripting seperti file batch, namun memiliki fitur beragam. Script dimaksud dapat langsung dijalankan namun sebelumnya melakukan unhide dari folder tersembunyi, maka disana kita akan menemukan file akses khusus yang bernama wscript.exe atau cscript.exe. File tersebut juga dapat langsung kita akses melalui command prompt (run).

Windows Script Host Access is disabled
Notifikasi WSH
Pembawa Gelagat Virus HTML dari kasus Windows Script Host Access is disabled.
Gelagat dari notifikasi tak ubahnya jika kita berhadapan dengan virus komputer, disana seolah-olah virus sedang melakukan aksi nakalnya dengan mengutak atik file system pada windows yang pada kenyataannya itu bukanlah virus. Meski sekarang kita mengetahui bahwa hal tersebut ternyata bukan virus namun kenyataannya kita tetap merasa terganggu oleh penampakan notifikasinya.

Ternyata pembawa gelagat virus HTML berupa notifikasi Windows Script Host Access is disabled ini tidak lain adalah sistem control antivirus SMADAV yang mungkin terinstal dan sedang bekerja di komputer kita.

Cara menghilangkan notifikasi "Windows Script Host Access is disabled"
Ada 2 cara guna menghilangkan notifikasi mengganggu dari penampakan berulang Windows Script Host Access is disabled ini,

Cara Pertama :
Yaitu menggunakan Registry Edit dengan menelusuri urutan akar seperti berikut ini :

HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows Script Host\Settings 

caranya klik START (di menu Windows di kiri bawah) klik "All Programs" pilih "Accessories" pilih "Run" ketikkan "regedit" kemudian tekan Enter. Ketika berada di bagian terakhir (Settings) anda diharapkan memperhatikan list "string" dengan 3 kolom keterangan fungsi. Kemudian pada kolom 'Data" cari nilai value 0,  jika ternyata nilai (value) 0 tersebut ada maka klik dua kali pada nilai 0 tersebut maka anda akan diarahkan ke notifikasi perubahan nilai value. Segera ubah nilai 0 menjadi nilai 1 (nilai ini untuk mengaktifkan WSH). Selesai.
Catatan : cara pertama ini hanya dapat menghilangkan notifikasi WSH untuk sementara saja, selama kita tidak merestart ulang Windows maka ia akan muncul kembali jika kita menyalakan ulang PC.

Cara Kedua :
Cari logo atau icon Antivirus SMADAV (di sebelah kanan bawah layar) kemudian klik kanan icon smadav lalu pilih (centang) dengan meng-Klik  "Allow Windows Script & Macro (Forever)"

Mengaktifkan Windows Script forever

kemudian akan muncul gambar seperti ini :

Allowed permanently WSH

Klik OK, dan pilihan anda akan dibuat permanen sehingga notifikasi Windows Script Host Access is disabled on this machine. Contact your administrator for details tidak akan muncul kembali meski Windows sudah direstart ulang. Namun jika anda ingin mengaktifkannya tinggal mengulangi cara kedua diatas dengan menghapus centang pada "Allow Windows Script & Macro (Forever)".

Komentar anda segera ditanggapi, Terima kasih sudah berkunjung

Back To Top