Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Kamis, Februari 16, 2017

Cara Menempel Stop Kontak Outbow Di Dinding

Pemasangan Stop Kontak Outbow

Stop kontak yang banyak dijual ditoko elektronik dan listrik adalah jenis outbow. Jenis ini biasanya sulit dipasang di dinding sehingga jika pemasangnya awam akan dilepas begitu saja. Tidak mungkin ditempel menggunakan lem biasa meskipun lem tersebut kuat rekatannya sebab jika peralatan dirumah atau di kantor menggunakan steker jenis ardhe atau steker besar maka lambat laun karena sering "pasang-cabut", lem perekat tersebut akan terlepas juga.

Gambar Stop Kontak Outbow :
Jenis Stop Kontak Outbow
Jenis Stop Kontak Outbow

Cara pemasangan Stop Kontak Outbow,
  1. Terlebih dahulu pastikan kabel listrik nya belum terpasang di stopkontak 
  2. Buka penutup belakang stop kontak dengan membuka sekrup yang biasanya berada di bagian depan.
  3. usahakan membuka dan mengamankankan/melepas plat metal yang ada di dalam stop kontak, ini bertujuan untuk menghindari ketidak sengajaan terbentur palu saat memasang paku.
  4. Setelah dibuka ambil penutup belakang tersebut  yang nantinya akan kita tempel menggunakan paku kabel. 
    paku kabel untuk menempel stop kontak
    Paku Kabel
  5. Persiapkan paku kabel beton jika stop kontak tersebut akan ditempelkan di dinding beton atau jika dindingnya menggunakan kayu maka gunakan paku kabel untuk kayu. Jangan lupa pilih paku kabel yang berukuran kecil agar pada saat dipasang tidak menghalangi bagian depan.
  6. untuk pemasangan paku cari bagian yang tidak terhalang chasing stop kontak, dan gunakan palu berukuran kecil dan mudah untuk digunakan.
  7. Palu paku tersebut dengan hati hati hingga terasa kuat. Namun biasanya pada dinding beton pemasangannya sedikit sulit dan semen dinding sering  pecah. Untuk itu jika sudah terasa kuat jangan dipaksakan untuk memasang paku sampai maksimal.
  8. Untuk menghindari pemasangan paku kabel beton yang tidak terlalu maksimal maka pasanglah paku dengan jumlah banyak sesuai ruang yang bisa terpasang. 
Gambar pemasangannya sebagai berikut :

Cara memasang Stop Kontak Outbow pada dinding
Pemasangan Stop Kontak Outbow
Nah ...demikian cara pemasangan stop kontak jenis outbow pada dinding rumah, semoga artikel ini dapat membantu mempermudah pekerjaan anda.
Back To Top