Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Jumat, Maret 10, 2017

Cara Login Wifi Mikrotik untuk Receiver Parabola

Adalah berawal dari masalah koneksi internet dari sumber wifi mikrotik yang tidak dapat dikoneksikan  ke receiver dvb parabola. Saat itu receiver yang digunakan sudah mendukung koneksi LAN, USB wireless dan Usb Modem. berbekal tiket fly yang sudah dibayar hingga 4 bulan kedepan, ... waoowww begitu bersemangat ya.

Sebagaimana "kita" ketahui bahwa receiver parabola untuk keperluan "Fly" yang menggunakan wifi mempunyai akses terbatas ke pemancar wifi  dengan sistem login menggunakan username dan password seperti jaringan mikrotik. Sebab pada Menu Wifi manager receiver dvb hanya dapat akses dan login dengan cara mengisi password saja. Contoh gambar akses internet Wifi Manager di Receiver Parabola.

Menu Wifi Manager Receiver dvb


Kali ini saya akan sharing Cara Login Wifi Mikrotik untuk Receiver Parabola, namun tentunya ada perangkat pembantu berupa PC atau laptop yang memiliki konektor  Ethernet LAN dan menggunakan Receiver dengan fasilitas konektor Ethernet LAN juga. Hal ini tentunya mempunyai keterbatasan salah satunya adalah saat menonton harus menyalakan komputer atau laptop yang tersambung ke jaringan internet mikrotik yang tentunya diterima melalui wireless wifi sedangkan koneksi LAN akan kita manfaatkan untuk dihubungkan Receiver. Perhatikan Gambar berikut :

SKEMA KONEKSI WIFI MIKROTIK KE LAN


Cara Instalasi :
Koneksikan terlebih dahulu internet di komputer/laptop ke jaringan wifi mikrotik menggunakan wireless USB. Setelah terhubung lakukan pemasangan kabel LAN dari PC/Laptop ke Receiver Parabola dengan menggunakan kabel LAN straight. Jangan lupa koneksikan kabel RCA/HDMI ke TV dan nyalakan semua perangkat (Receiver dan TV).

Pengaturan untuk Network Internet :
Buka menu Network Connection Klik Kanan Wireless Connection yang sudah terhubung ke Internet kemudian klik properties.

Cara melakukan sharing wireless


Ingat,  pastikan Lokal Area Connection  berstatus "Network cable identified" artinya kabel Lan atau konektor Ethernet sudah siap. 

Setelah meng klik Properties akan tampil halaman berikut :

properties sharing

Centang "Allow other network users to connect through this computer's internet connection" kemudian tekan OK, maka status Wireless Network Connection tadi akan berubah menjadi "Shared"
Jika Local Area Connection dan Wireless Network Connection sudah berubah status seperti di atas (Network cable identified dan Shared) maka pengaturan LAN sudah siap.


Pengaturan Internet untuk LAN :
Klik Start kemudian klik Acessories dan klik Command Prompt
Ketikkan langsung ipconfig kemudian tekan Enter.


command prompt IP

Membacanya sebagai berikut :
Dari gambar command prompt di atas untuk Wireless Network Connection yang dari Wifi Microtik sudah terhubung dengan hasil :
IP address 10.0.1.104
Subnet Mask 155.255.255.0
Def Gateway 10.0.1.1
hasil tersebut diabaikan saja, dan itu merupakan pengaturan otomatis yang sudah terkoneksi ke wifi mikrotik.

Sekarang kita akan melihat hasil yang didapat dari Local Area Connection (LAN PC) perhatikan IP nya sebagai berikut :
IP Address : 192.68.1.12
Subnet Mask 255.255.0.0
Def Gateway 192.68.1.1

menu client list yang berhasil koneksi
Menu  client list  
Hasil Local Area Connection (LAN PC) tersebut akan kita gunakan untuk setting IP di Receiver dvb.
yaitu dengan membuka pengaturan jaringan LAN pada receiver dvb anda inputkan data di atas ke pengaturan jaringan LAN receiver dvb sebagai berikut :
IP Address : 192.68.001.013
Subnet Mask : 255.255.000.000
Default Gateway : 192.168.001.012
tekan OK atau Mulai atau Enter sesuai tertulis di menunya.
Buka Konfigurasi Net Client  lihat hasilnya jika koneksinya berhasil maka akan tampil menu protokol client dengan icon centang berwarna hijau seperti gambar client list di atas.

Saya ucapkan selamat menonton.

Back To Top