Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Jumat, Maret 10, 2017

Cara Setting Internet pada Receiver Parabola

Kali ini saya akan menjelaskan cara sederhana bagaimana cara setting internet untuk receiver parabola tiket fly, saya tidak perlu lagi menjelaskan apa itu tiket fly, saya anggap anda sudah mengetahui jenis tiket ini, jika belum tahu silahkan dicari di google.
Ada 4 kategori untuk membuka siaran acak parabola menggunakan tiket fly tentunya tersedia jaringan internet yaitu :
  1. Menggunakan Receiver Parabola yang mendukung Penggunaan Internet (koneksi Internet).
  2. Menggunakan modem yang kompatibel dengan receiver tersebut, hal ini berarti anda harus mempersiapkan kartu SIM dengan menggunakan kuota.
  3. Menggunakan USB Wireless
  4. Menggunakan kabel LAN (RJ 45)
Contoh Gambar receiver DVB parabola yang mendukung koneksi Internet :

receiver DVB parabola yang mendukung koneksi Internet
Receiver parabola yang mendukung koneksi internet
Cara setting menggunakan Modem USB :
Pasang modem usb yang sudah diisi kartu SIM dengan yang telah diisi Kuota Data ke konektor USB depan atau belakang (jika tersedia 2 konektor USB) pilih salah satu saja. Pada menu receiver pilih pengaturan jaringan, biasanya jika menggunakan receiver yang lengkap tersedia pilihan :
1. Jaringan 3G atau Modem
2. Jaringan LAN 
3. Jaringan Wifi  
maka Anda tinggal pilih yang 3G atau Modem. kemudian setelah jaringan 3G atu modem sudah dipilih kembali ke menu pengaturan IP. Ada dua pilihan pengaturan kode IP yaitu menggunakan DHCP atau menonaktifkan DHCP. Jika anda meangaktifkan DHCP (hidup) berarti pengaturan IP akan menjadi otomatis, Namun jika anda menonaktifkan DHCP (off) maka anda memilih untuk mengatur sendiri IP, Subnet Mask dan Gateway jaringan internet nya. 
Contoh pengaturan IP Internet pada DHCP off :
IP Address    : 192.168.000.100
Subnet Mask : 255.255.255.000
Default Gateway : 192.168.000.001
DNS Server 1 : 118.98.44.100
DNS Server 2 : (jika ada)
Enter / Mulai ...
Setting IP tersebut berlaku untuk semua type koneksi jaringan Internet yang Anda gunakan.

Contoh Gambar tampilan di layar :

Menu input IP receiver parabola
Menu Input IP Jaringan Internet pada Receiver
Untuk dijadikan acuan dalam memilih jaringan menggunakan modem 3G adalah bahwa biasanya pengaturan ini cukup dengan pilihan DHCP on atau diaktifkan saja.

Cara setting menggunakan USB Wireless (Wifi Manager) :
Sama halnya dengan menggunakan Modem USB atau 3G  pengaturan IP nya sama dengan diatas, Maka dengan pengaturan DHCP menjadi on Anda tidak perlu lagi melakukan pengaturan IP jaringan atau sebaliknya anda bisa mengatur IP jaringan sesuai keahlian anda. Namun pastikan sumber internet yang digunakan hanya menggunakan akses security (login) dengan mengisi password saja tanpa username, karena biasanya pada menu pengaturan wireless (wifi) ini tidak tersedia isian username yang ada hanya isian untuk password jaringan. Untuk mempermudah koneksi menggunakan Wifi anda dapat menggunakan pemancar Wifi Router sendiri atau jika anda menggunakan Moden 3G dan akan dapat dipancarkan kembali melalui wifi router tersebut. anda dapat membeli wifi router murah yang mendukung modem 3G sebagai sumber jaringan.

Menu Wifi Manager pada receiver parabola
Menu Wifi Manager 
Wifi dengan sumber Modem 3G
Wireless Router dengan sumber Modem 3G

Jika di rumah anda menggunakan jaringan dengan security lengkap (username dan password) maka sangat sulit untuk melakukan koneksi internet pada receiver. contoh jaringan wifi dengan security lengkap adalah jaringan internet dari provider yang menggunakan perangkat mikrotik. Hal tersebut akan kita bahas tersendiri pada Cara Login Wifi Mikrotik untuk Receiver Parabola.

Login dengan jaringan mikrotik
Login Mikrotik
Cara setting menggunakan koneksi LAN  (Local Area Connection) :

Untuk receiver dvb yang sudah menyediakan konektor RJ45 (Ethernet LAN) dibelakangnya, Anda dapat memanfaatkannya  hanya dengan menyediakan kabel LAN jenis straight yang dihubungkan langsung dari router ke receiver dvb milik Anda. cara settingpun sama persis dengan cara setting menggunakan wifi, tinggal memilih menu jaringan LAN pada receiver dvb  tanpa harus memasukkan password. Pastikan router Anda sudah memiliki sumber Internet.

Komentar anda segera ditanggapi, Terima kasih sudah berkunjung

Back To Top