Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Senin, Maret 06, 2017

Membuat Sambungan Kabel USB OTG

Kabel OTG USB merupakan kabel untuk keperluan penggunaan multi perangkat dari sebuah sumber induk, dalam hal ini adalah HP Android atau jenis Android lainnya seperti Android layar lebar (ipad atau tab). Sebetulnya dulunya sudah ada penggunaan keyboard mini untuk sebuah tab/ipad agar penggunaan ala Laptop/PC dapat dilakukan. Namun seiring waktu berjalan saat ini Smartphone layar kecilpun sudah digunakan layaknya tab/ipad dengan eksternal keyboard bahkan dibuat interface multifungsi sehingga semakin serbaguna. Apalagi software atau aplikasi sudah banyak bertebaran guna kebutuhan dimaksud. 

Kita tidak membahas aplikasi atau software interface keyboard Android dan lain-lain, namun lebih membahas bagaimana cara mudah untuk membuat, menginstalasi dan memasang kabel usb nya, yaitu memodifikasi fungsi OTG menjadi perakitan yang lebih simple dan dapat dilakukan oleh siapapun tanpa harus kesulitan dengan cara kerja kabel OTG USB tersebut.

Kabel USB OTG buatan pabrik siap pakai
Kabel USB OTG buatan pabrik siap pakai
Yang ingin merakit interface dan membuat pengkabelan dengan fungsi yang sama persis dengan kabel OTG USB dapat mempersiapkan peralatan adan asesoriesnya sebagai berikut :
  1. Kabel USB bekas yang tidak terpakai secukupnya
  2. Konektor Male dan Female (Pria dan Wanita) USB secukupnya (tergantung pemakaian).
  3. Charger tak terpakai untuk mengisi baterai HP (gunakan Charger dengan arus yang besar semakin baik atau lakukan modifikasi charger tersebut agar Ampere nya menjadi besar).
  4. Jangan Lupa Guna keperluan ini agar menggunakan Smartphone terbaru yang support OTG USB, untuk mengecek ketersediaan pada system Android anda bisa di cek Menggunakan aplikasi USB OTG checker, USB Host Check, atau Easy OTG Checker dan lainnya (silakan cari dan unduh via Play Store).
Ubah sesuai seperti gambar berikut :
Gambar cara membuat kabel USB OTG

Cara menyambung kabel :
  1. Sambungkan semua kabel berwarna Merah (+) di dalam BOX
  2. Sambungkan semua kabel warna hitam (-) di dalam BOX
  3. Sambungkan semua kabel warna Hijau (+ Data) di dalam BOX
  4. Sambungkan kabel berwarna Putih (- Data) di dalam BOX
  5. Buat Port (Output USB) dengan jumlah sesuai keinginanmu (gunakan konektor USB Female)
  6. Modifikasi Ujung Kabel Micro USB khusus buat Smartphonemu, dan tambahkan resistor 100K 1/4 Watt antara pin 4 (sense) dan pin 5 (-), karena biasanya pin 4 pada konektor micro USB tidak digunakan (kosong).  
  7. Pelajari semua PIN konektor USB dan pastikan penyambungan kabel semuanya benar.
micro USB PIN jika dilihat dari depan
micro USB PIN jika dilihat dari depan
Fungsi penambahan Resistor 100K 
Resistor 100K dipasangan dengan maksud guna memfunsikan sense (indra) atau remote / perintah charge jika saat sedang melakukan koneksi kesemua perangkat (keyboard, Flash disk, mouse dll). Sehingga semua proses yang diinginkan berjalan. Maksud dibuatkan sambungan charger adalah agar tidak membebani smartphone android anda karena penggunaannya melibatkan banyak/interkoneksi alat. Demikian semoga bermanfaat. 

Back To Top