Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Sabtu, Mei 13, 2017

Membuat Antena TV Keren menggunakan Pipa PVC Paralon

Belum Punya Antena TV? Antena TV mahal? atau sulit mencari antena TV yang berkualitas, daripada bingung lebih baik dibuat sendiri, berikut saya akan ajak anda untuk berkreasi membuat Antena TV Keren dengan menggunakan Pipa PVC Paralon. Antena ini sebenarnya bukan seluruhnya menggunakan bahan paralon, paralon atau pipa pvc di sini hanya sebagai bracket dimana nantinya pipa aluminium akan kita pasang ke setiap sudut antena ini. Apa saja yang perlu anda persiapkan ? :

1. Gergaji  Besi atau gergaji mata kecil untuk memotong paralon agar lebih gampang memotonngnya.
2. Lem Paralon / PVC
3. Bor Listrik dan mata bor kecil
4. Sekrup kecil untuk terminal kabel coax
5. clamp plastik atau cekak disesuaikan dengan pipa paralon dan tiang antena.
6. Kabel coax TV secukupnya (dan konektor)
7. Cutter
8. Sambungan T PVC 4 buah (uk. 1/2 in)
9. Pipa Aluminium (uk. 30cm 2bh dan uk. 15cm 2bh)

Cara membuat Antena TV Sederhana menggunakan PVC Paralon sebagai berikut :
persiapkan T Paralon kemudian belah dua menggunakan gergaji paralon bagian lobang yang satu arah, lakukan pada ke empat T paralon tersebut agar nantinya dapat menjadi seperti ini.
Antena TV sederhana kreasi keren
Persiapkan juga Pipa Paralon dengan panjang kira-kira 30 cm ukuran 1/2 in. Yang akan kita gunakan sebagai penyangga T PVC tadi. Cara membuat segmen antena menggunakan T PVC dapat anda lakukan sebagai berikut setelah itu anda dapat menempelkannya di pipa penyangga dengan menggunakan Lem PVC seperti gambar berikut :
Pipa T Paralon
Gunakan penutup PVC denga ukuran sama untuk menutup bagian atas antena paralon agar tidak kemasukan air atau biar lebih keren dan rapi. Untuk memasang paralon, usahakan menggunakan pipa Alumnium ukuran sama dengan lobang pvc 1/2 in tersebut atau jika pipa aluminium antena ini kekecilan anda dapat memodifikasi T paralon lalu diselipkan diantara lubang T paralon dan pipa aluminium supaya dudukannya menjadi kuat. Ambil Kabel Antena kemudan kupas ujungnya lalu anda persiapkan menjadi 2 bagian yaitu bagian kabel inti dan serabut. PAda gambar diatas Anda gabung terlebih dahulu titik A dan B menjadi 1 menggunakan kabel tunggal gunakan sekrup kecil tentunya di bor menggunakan Bor Listrik untuk memasang sekrup kedua ujung kabel tadi, usahakan mata bor menembus ujung pipa aluminium yang ada di dalam T PVC tadi, pada saat memasang sekrup usahakan pula agar sekrup dapat menjangkau pipa aluminium tadi.
Antena TV Sederhana yang bagus penerimaannya
Pasang Kabel Antena berupa bagian serabut ke terminal B dan satunya (kabel inti) ke terminal D atau sebaliknya tidak masalah. Anda juga dapat berkreasi agar hasilnya terlihat menjadi lebih rapi dengan memasukkan kabel-kabel tadi ke dalam pipa paralon PVC. Untuk ukuran pipa alumnium dapat anda sesuaikan panjangnya sesuai selera anda, anda dapat merubah ukuran pipa alumniun 15cm dengan ukuran berkisar 14cm - 20cm. Atau yang ukuran 30 cm menjadi berkisr 28cm - 40cm. Anda juga dapat memutar arah antena 1 dan Antena 2 masing-masing ke arah yang berbeda pada saat pemasangannya. Nah keren bukan?. Selamat mencoba dan selamat berkreasi.
Back To Top